Pemprov Sumatera Utara Kembali Raih TPID Award Kelima Kali

  • Bagikan
pemprov sumatera utara meraih tpid award
Pemprov Sumatera Utara berhasil kembali meraih TPID Award untuk Kelima Kali/Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/Istimewa.

SUMATERA UTARA, INDOtayang.COM–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi kembali meraih penghargaan TPID Award 2020 pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemprov Sumatera Utara dinilai berhasil mengendalikan inflasi sepanjang tahun 2020.

Dan TPID Award 2020 tersebut melengkapi penghargaan serupa yang pernah diterima TPID Sumut sebelumnya.

Hingga saat ini, Sumut sedikitnya sudah menerima lima kali TPID Award, yaitu tahun 2011, 2012, 2014, 2015 dan 2020.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Pemprov Sumut memang sungguh-sungguh dalam upaya pengendalian inflasi di daerah,” ucap Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kamis (25/8), di ruang kerjanya.

Menurut Gubernur, keberhasilan itu tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara Pemprov Sumatera Utara dengan berbagai pihak terkait lainnya, termasuk Bank Indonesia (BI), Bulog, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumut.

“Hal ini diharapkan dapat terus dipertahankan, bahkan meningkatkan lagi ke depan,” tuturnya.

Selain itu juga, sambungnya, upaya pengendalian tersebut sangat penting dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama di masa pendemi Covid-19. Laju inflasi yang rendah dan stabil menjadi syarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, jelasnya, secara konsisten TPID Sumut terus melakukan berbagai upaya, antara lain menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat. Hal ini penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di daerah maupun nasional.

Memperkuat sistem logistik

Edy Rahmayadi juga menyampaikan, bahwa TPID Sumut terus berupaya memperkuat sistem logistik pada tingkat provinsi. Kemudian, melakukan koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Pusat dan TPID Kabupaten/Kota.

“Juga melakukan langkah-langkah lainnya dalam rangka penyelesaian hambatan dan permasalahan pengendalian inflasi di Sumut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Riset dan Inovasi (DRIN) Sumatera Utara, Darma Bakti mengapresiasi keberhasilan Gubernur Sumut dalam pengendalian inflasi di daerah ini.

Menurutnya, salah satu daya dorong perekonomian yang memperkuat pengendalian inflasi di Sumatera Utara adalah adanya program refocusing APBD, yang langsung menyentuh pada masyarakat, seperti bantuan uang sekolah siswa, dan bantuan bahan kebutuhan pokok.

“Sehingga dengan begitu, penurunan pendapatan masyarakat setidaknya dapat terbantu,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, Gubernur juga berupaya mendorong realisasi APBD Sumatera Utara dan kabupaten/kota dengan serapan anggaran yang maksimal. Sehingga membantu perputaran uang melalui pengeluaran belanja pemerintah.

“Hal tersebut juga memperkuat pengendalian inflasi di Sumut,” imbuhnya.(Jack)

Sumber sumutprov.go.id

  • Bagikan