Sejarah Olahraga Baseball dan Softball di Indonesia

  • Bagikan
sejarah
Sejarah Olahraga Baseball dan Softball. Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd dalam buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) 2019/Foto: Istimewa

SUMATERA, INDOtayang.COM–  Sejarah Olahraga Baseball dan Softball. Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd dalam buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) 2019, perkembangan permainan softball di Indonesia sebetulnya telah dimulai sebelum perang kemerdekaan yang sifatnya masih terbatas pada lingkungan tertentu.

Awal mulanya menganggap permainan ini  sebagai permainan yang pantas memainkannya anak-anak golongan wanita saja.

Namun, pada ajang Asian Games di Bangkok, Desember 1966, permainan softball tidak hanya mainkan oleh regu putri saja tetapi juga putra. Saat itulah putra-putri Indonesia mulai menggemari permainan softball.

Sejarah

Melihat perkembangan pesat softball di Indonesia, timbullah perhatian terhadap cabang olahraga ini. Untuk menghimpun dan menyalurkan kegiatan dan pembinaan cabang olahraga terebut maka terbentuklah organisasi yang mengatur, membina dan mewadahi kegiatan baseball dan softball yaitu Perbasasi. Membentuk Perbasasi  pada tahun 1967 di jakarta.

Setelah berdirinya Perbasasi, mulailah menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional. Menyelenggarakan kejuaraan tingkat nasional pertama pada tahun 1967 yaitu Kejuaraan Nasional I Sejarah Olahraga Baseball/Softball di Jakarta.(Acho)

Sumber: kompas

  • Bagikan